Leave a comment

Tips dan Trik dalam Menghadapai Bahaya Keylogger

Halo sobat semuanya :D  mungkin diantara sobat sekalian kata Keylogger sudah familiar, tapi bagi yang belum tahu saya kasih tahu, Menurut saya adalah “Hardware/Software yang mampu merekam ketukan keyboard, aksi (action), Mengambil Screenshot (Capturing). Bahasa simpelnya : Merekam Apa yang kita lakukan di Komputer

Keylogger biasanya diinstal di Warnet, Perkantoran untuk monitoring staff nya :mrgreen: dan bahkan orang iseng yang menginstallnya di komputer anda, mengenai detail dan apapun yang berkaitan di keylogger, sobat sekalian bisa searching di google, karena sudah banyak dibahas, tapi disini saya cuma share gimana cara menghadapi bahaya keylogger mulai dari kelas teri sampe kelas dewa.

Keylogger kelas Teri biasanya seperti gambar diatas ini, biasanya diletakkan di sambungan antara colokan dan port device keyboard/mouse, cara mengakalinya adalah dicopot aja sobat, terus sambungin keyboard/mouse langsung. keyloggernya dibakar aja :mrgreen:

Keylogger kelas Wader biasanya berbentuk software, mudah dideteksi hanya dengan melihat di sidebarnya atau proses di Task Manager, caranya simpel, hanya dengan mematikannya.

Keylogger kelas Kakap biasanya berbentuk software, dengan proses hidden/menyamar dan bener2 “stealth” kayak siluman ular putih :lol: cara mendeteksi nya adalah, bisa dilihat di drive C: atau D: , coba ketikan apa saja, lalu lihat detail ukuran Drive secara berkala, jika ukuran berubah Byte demi Byte, kemungkinan besar ada keylogger, dan ada beberapa Process non-system yang bisa di “kill” tapi muncul lagi dalam beberapa detik.

Cara mensiasatinya adalah mencari file tempat diletakkannya log hasil rekaman keylogger itu dan membasminya, setelah anda selesai menggunakan komputer, karena kemungkinan ada backupnya, bisa dibasmi menggunakan Script Khusus atau menggunakan On-Screen Keyboard, Tapi itu semua gak mempan melawan Kelas Dewa

Keylogger kelas Dewa, Setau saya ini masih yang tercanggih, dia akan otomatis mengambil isian dari textbox yang memiliki atribut “password” baik via Internet ataupun Windows, saya gak tau ini ada software penangkalnya atau tidak, tapi semua software keylogger disini saya punya :wink:

Karena menggunakan On-Screen Keyboard gak ada gunanya, maka Cara mengatasinya sama dengan si Kelas kakap, bedanya kita harus lebih teliti dan detail, dan satu lagi kelemahan keylogger dewa ini adalah, dia biasanya membutuhkan Screenshot Gambar agar deteksi password menjadi akurat.

Kalo mau aman sih, kalo takut keylogger ya jangan ke warnet :mrgreen:

Sekian dulu sobat :D

Semoga Bermanfaat🙂

Sumber : Warung Mercon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s