Leave a comment

Inilah Cara Melindungi Data

Pentingnya menjaga keamanan data di komputer Anda.

Kehilangan data yang berharga merupakan bencana yang sudah semestinya bisa dihindari jika kita memiliki persiapan untuk melindunginya.

Data yang ada di komputer Anda mungkin atau bisa jadi lebih mahal dibanding komputer itu sendiri. Apalagi jika kehilangan data di dalamnya bisa membuat terjadinya pencurian identitas.

Ada empat cara yang bisa kita lakukan agar data penting milik kita tetap aman. Berikut cara untuk melindungi data seperti yang telah kami sitat dari PCMag.

1. Sembunyikan data Anda
Anda bisa melakukan hal ini dengan memberikan kata kunci (password) pada data-data penting yang disimpan. Tips ini bisa Anda dilakukan pada dokumen spreadsheets di Microsoft Excel misalnya. Lakukan hal yang sama pada dokumen-dokumen yang memiliki data sensitif pada Word, PDF, atau dokumen dari aplikasi lain yang memiliki kemampuan enkripsi.

Memberikan password membuat mereka yang tak berhak tak bisa dengan mudah mengakses data-data sensitif milik Anda.

2. Lupakan Recycle Bin
Saat Anda menghapus data penting atau sensitif, mulai saat ini lupakan metode penghapusan ke recycle bin ataupun memindahkannya ke trash. Cobalah untuk menekan tombol shift saat menghapus file tersebut.

Memang file itu akan tetap ada dalam hard disk hingga ditimpa ulang data lainnya. Pencuri data masih bisa menggunakan aplikasi utility untuk memulihkan kembali file tersebut.

Tapi tak usah khawatir, kini banyak tersedia aplikasi utility yang mampu menghapus file penting dengan sempurna. Aplikasi ini mampu menimpa data yang sudah dihapus dari satu kali hingga 30 kali yang membuat data tersebut nyaris tak mungkin kembali dipulihkan.

3. Enkripsikan data
File atau data dalam kondisi “telanjang” dapat dengan mudah diambil aplikasi Trojan yang bertindak layaknya pencuri. Untuk mensiasati trojan ini Anda bisa menerapkan enkripsi sederhana.

Saat Anda memiliki file penting yang harus disimpan cobalah memampatkannya dalam file ZIP sekaligus mengenkripsikannya. Jangan lupa menghapus file asli setelah data tersebut disalin.

Beberapa aplikasi bahkan memiliki “brankas” untuk menyimpan file penting. Brankas ini bisa diakses seperti halnya folder biasa dengan kata kunci yang tepat. Tapi tak bisa diakses ketika dikunci sehingga tak bisa disalahgunakan mereka yang tidak berhak.

Anda juga bisa menggunakan USB Flash disk yang memiliki fitur enkripsi.

4. Buat salinan online
Komputer kita bisa saja rusak sewaktu-waktu, tercuri ataupun data hilang secara tidak sengaja. Salinan data adalah salah satu tips pengamanan data yang penting. Tapi saat Anda membuat salinan di komputer yang sama, bencana kehilangan data penting bisa datang sewaktu-waktu.

Untuk menghindarinya Anda bisa membuat salinan di situs back-up online. Saat ini tersedia banyak layanan yang bisa digunakan untuk mem-back up data secara gratis. Mereka memberikan layanan penyimpanan gratis dengan fitur enkripsi file dengan kapasitas dari 1 GB hingga 50 GB.

Ingin terhindar dari bencana kehilangan data yang berharga? Anda bisa segera lakukan upaya pencegahan yang telah kami sebutkan sesegera mungkin.

Semoga bermanfaat🙂

Sumber : beritasatu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s