Leave a comment

Wow! Simak Gaji Para Pekerja Social Media, Mau?

Social Media seperti Twitter, Facebook, Foursquare, Instagram, LinkedIN dkk kini tengah naik daun. 3 tahun yang lalu ketika saya mulai memasuki bisnis internet, pekerjaan social media mungkin dipandang sebelah mata. Tapi kini, lihat berapa gaji para pekerja social media? Double digit level 2 Woww….

Mengubah opini publik dalam sebuah kampanye digital komersial, adalah hal yang dilakukan para pekerja media baru tersebut. Kalau dipikir-pikir kerjaannya sih simple banget. Ngetweet, ngebales komen, analisis data traffic, mikirin cara komunikasi yang tepat, dll. Tapi prakteknya ya…cobain aja sendiri :D

Bagi yang belum mengenal industry social media, sebaiknya follow dulu deh pak @nukman. Beliau adalah salah satu dedengkot konsultan social media di Indonesia. Kalu dipikir-pikir berkat dia juga bidang-bidang profesi social media bisa naik di Indonesia.

Bagi yang baru lulus dan belum mengenal apa saja profesi social media, mungkin bisa lihat list berikut. Biasanya mereka-mereka ini ada dalam agency digital:

1. Blogger / Copywriter [CW]

  • Jika anda mengaku blogger yang bisa nulis, ada baiknya mencoba posisi CW di social media. Saran saya skill yang harus dipenuhi di master in adalah SEO Copywriting.

Berapa gajinya?

Minimal Rp 10.000.000 / bulan


2. Social Media Specialist

  • Orang ini harus pandai dalam melakukan presentasi ke client dengan strategi tertentu. Beda kampanye komersial, beda juga strateginya kan? Biasanya seorang specialist pengalaman minimal 5 tahun.

Berapa gajinya?

Minimal Rp 22.500.000 / bulan


3. Online Community Manager

  • Nah, kalau orang ini kerjaannya maintenance komunitas online. Dia juga harus ngejaga keseimbangan follower di twitter, dan yang paling penting jangan membuat konsumer/community kecewa terhadap suatu brand.

Berapa gajinya?

Minimal Rp 29.500.000 / bulan


4. PR/ Brand Manager

  • Namanya brand manager, kerjaanya adalah menjaga integritas brand yang tertuang dalam bentuk-bentuk kampanye digital. irisan yang sama seperti seorang public relation, tetapi untuk social media.

Berapa gajinya?

Minimal Rp 24.000.000 / bulan


5. Social Media Strategist

  • Nah, ini abangnya social media specialist. Kerjaan mungkin ga jauh beda dengan social media specialist, namun ia lebih expert dalam menangani kasus-kasus tertentu.

Berapa gajinya?

Minimal Rp 27.750.000 / bulan


6. Social Media Marketing Manager

  • Dia adalah manager yang tugasnya naikin keuntungan perusahaan dari tiap kampanye digital yang dibikin. Perusahaan jelas ogah dong, kalau udah bikin digital campaign budget gede, tapi isinya nol. Makanya ini orang digaji gede buat mikirin itu.

Berapa gajinya?

Minimal Rp 36.000.000 / bulan


Eitss..zztt..a a a. Saya tahu yang anda pikirkan. Mungkin dari beberapa pembaca yang bekerja sebagai salah satu yang saya sebutkan di atas protes. “Enak aje, Empuk lo nulis gaji segitu. Boro2 double digit. Agency gue cuma ngasih Rp 2-4  jutaan sebagai CW di agency. Atau buset Brand manager Rp 24 juta, boro-boro. Kalo di perusahaan multinasional mungkin iya.”

Santai saja temans, gaji di atas adalah gaji MINIMAL rata-rata pekerja social media di AMERIKA. Survei ini dilakukan oleh lembaga riset Indeed.com di awal tahun. Walau tidak detail, namun data survei ini 25%-75% merepresentasikan penghasilan bidang-bidang tersebut.

Dari semua negara bagaian di Amerika, pemilik gaji minimal adalah negara bagian Arizona. Saya asumsikan sekecil-kecilnya gaji di Arizona, paling ga hampir mendekati dengan Indonesia. (syukur-syukur sama, atau lebih tinggi :p)

Nih buktinya :

onwardsearch.v1f

Semoga Bermanfaat🙂
Sumber : ifajarwidi’s Tech Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s