Leave a comment

Run Old Programs di Windows 7 64-bit dengan Compatibility Mode Options

Jika beralih dari versi 32-bit Windows 7 ke versi 64-bit sudah pasti transisi akan lambat. Meskipun Windows XP, Vista, dan 7 semua memiliki versi 64-bit yang tersedia, banyak orang masih memilih untuk versi 32-bit. Alasan terbesar untuk ini adalah masalah kompatibilitas dengan program yang lebih tua, hardware, dan driver.

Microsoft mengakui bahwa ingin menggunakan program lama merupakan penghalang bagi orang yang mungkin mempertimbangkan untuk pindah ke versi 64-bit Windows. Untuk mengantisipasi hambatan ini, raksasa software membangun fitur ke dalam Windows 7 kemampuan untuk memilih berbagai pilihan kompatibilitas untuk memastikan bahwa program yang lebih tua memiliki kesempatan baik untuk bekerja di bawah sistem operasi 64-bit baru.

Sebelum anda mulai menggunakan pilihan kompatibilitas pada Windows 7, anda harus tahu beberapa hal. Pertama, tidak ada jaminan bahwa memilih opsi kompatibilitas akan membuat semua pekerjaan perangkat lunak lama anda. Opsi ini hanya upaya untuk mensimulasi lingkungan operasi versi Windows.

Kedua, anda dapat membuat perubahan baik kompatibilitas program sendiri atau cara pintas ke program. Baiknya, anda akan perlu untuk membatalkan perubahan ini jika anda ingin kembali ke mode operasi normal. Jika anda membuat perubahan kompatibilitas ke cara pintas program dan kemudian menghapus shortcut itu, anda akan harus mencari pintas lain untuk program atau file exe program untuk membatalkan atau membuat perubahan kompatibilitas lebih lanjut. Jika ini terdengar rumit, tidak perlu khawatir itu tidak. Memilih opsi kompatibilitas untuk sebuah program sederhana seperti memilih dan tidak memilih pilihan dari Option.

Mengubah Pilihan Kompatibilitas

Katakanlah anda memiliki program lama terpasang pada PC 7 64-bit Windows, dan anda mengalami kesulitan menjalankannya. Masalahnya mungkin masalah kompatibilitas. Meskipun Microsoft telah melakukan pekerjaan yang baik menjaga kompatibilitas ketika pengguna menjalankan aplikasi 32-bit pada platform 64-bit, tidak setiap kontingensi dapat diantisipasi atau diselesaikan.

Untuk memulai menggunakan pilihan mode kompatibilitas 64-bit Windows 7, klik kanan pada program atau cara pintas ke program yang tidak berjalan dengan baik dan pilih Properties dari menu.

Anda sekarang harus melihat properties untuk program tersebut. Klik tab Compatibility dan perhatikan bahwa anda memiliki sejumlah pilihan yang tersedia. Setiap pilihan jatuh ke salah satu dari tiga kategori: Compatibility Mode, Pengaturan, atau Privilege Level.

Di bawah ini adalah deskripsi dari masing-masing pilihan.

Compatibility Mode

Pilihan ini adalah pilihan yang besar ketika anda tahu persis di mana versi Windows program anda berjalan dengan baik. Sebagai contoh, jika program anda dirilis pada saat Windows XP merupakan reigning version of Windows, mengklik kotak pilihan berjudul Run ini Program Compatibility Mode dan memilih Windows XP dari daftar drop-down adalah pilihan yang baik.

Perhatikan bahwa modus kompatibilitas menawarkan hingga sebelas pilihan mulai dari Windows 95 hingga Windows Vista. Juga perhatikan bahwa anda bahkan dapat memilih untuk menjalankan program anda dalam modus kompatibilitas menggunakan pengaturan berbagai paket layanan untuk sistem operasi.

Settings

Bagian ini pilihan kompatibilitas memungkinkan anda fine tune kompatibilitas pengalaman anda untuk program lama anda. Umumnya, pilihan ini adalah untuk program yang ditulis untuk dan berjalan pada versi sangat lama Windows seperti 95, 98 dan ME.

Sebagai contoh, resolusi dan kedalaman warna asli Windows 95 hanya 640 × 480 pada 256 warna. Jika program lama anda berjalan namun terlihat terlalu kecil atau memiliki warna yang aneh, coba dua pilihan.

Jika Windows 7 memperingatkan anda bahwa program ini tidak kompatibel karena beberapa masalah video, mempertimbangkan untuk mencoba pengaturan kompatibilitas berlabel Nonaktifkan Visual Tema dan Disable Desktop Compotion. Pengaturan ini sering mengganggu rendering video usang dalam program-program lama.

Akhirnya, jika program anda ditulis untuk layar rasio 4:3, mempertimbangkan untuk mencoba pilihan berjudul Disable Display Scaling High DPI  pada Pengaturan. Yang satu ini tidak akan ada program agar sesuai dengan resolusi saat ini dan rasio aspek monitor anda.

Tingkat Privilege

Opsi terakhir pada jendela ini berkaitan dengan bagaimana Windows saat ini memberikan hak akses pada Windows 7 dan bagaimana yang digunakan untuk menentukan hak akses di versi sebelumnya sistem operasi. Windows 95, 98, dan ME tidak mengambil keuntungan dari beberapa account pengguna, semua orang menggunakan desktop yang sama, memiliki hak akses yang sama, dan memiliki kendali penuh atas setiap aspek dari sistem operasi. Pada dasarnya, semua orang adalah seorang administrator tingkat atas.

Ini adalah masalah untuk program-program yang dirilis di bawah kondisi karena mereka hampir tak terkendali menikmati akses ke perangkat keras, perangkat lunak, dan driver. Memeriksa opsi ini akan memastikan bahwa program memiliki izin yang dibutuhkan untuk menjalankan seolah-olah semacam kontrol lagi.

Tampaknya setiap orang memiliki beberapa program lama yang mereka inginkan akan bekerja di bawah Windows 7. Jika anda menjalankan 64-bit Windows 7, anda bahkan kurang kemungkinan untuk mendapatkan program yang berjalan dibandingkan jika anda menggunakan versi 32-bit.

Namun, dengan mengambil keuntungan dari pilihan modus kompatibilitas anda mungkin dapat menggunakan perangkat lunak lama anda lagi dan hindari harus mempertimbangkan pilihan lain seperti dual boot PC anda dengan versi Windows atau menjalankan PC virtual dari dalam Windows 7.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s