Leave a comment

Ngeblog Saat Mudik dengan Ponsel

Tak terasa beberapa hari lagi lebaran akan datang menjelang. Aroma opor dan ketupat akan segera menghiasi. Bagi para perantau, inilah saat yang tepat untuk kembali ke kampung halaman. Mudik menemui orang-orang tercinta.

(Semoga mudik di Indonesia tidak kayak gambar diatas :D – foto didapat dr Google)

Beragam cerita mudik bisa dituangkan didalam blog, semisal suasana unik saat perjalanan atau sekedar berbagi foto hasil jeprat jepret di jalan. Lebih enak kalau disajikan hangat-hangat alias ditulis dan dikirim dari tempat kejadian. Beragam cara bisa dipergunakan untuk blogging selama perjalanan. Tidak perlu komputer jinjing, memakai ponselpun bisa.

Berikut ini beberapa caranya, terutama jika memakai blog WordPress.com.

  • Memakai aplikasi resmi dari WordPress:
  • Kalau ponselnya symbian s60v3 atau 5 bagaimana ya? Yang resmi kebanyakan buat ponsel s^3. Anda bisa memakai Wordmobi. Aplikasi symbian berbasis pyton ini sangat enak dan mudah digunakan. Bisa dipakai di WordPress.com dan hosting sendiri. Selengkapnya bisa dibaca disini – Ngeblog Via Ponsel dengan Wordmobi.
  • Kalau java gimana? Jika ponsel Anda berbasis java maka bisa memakai versi mobile WordPress.com yaitu di m.wordpress.com. Tapi hanya simpel saja, tidak bisa upload foto dan harus hapal kode-kode html.
  • Cara lainnya dengan menggunakan email. Anda bisa menulis email di ponsel dan kemudian dikirim ke alamat khusus blog. Setiap email yang dikirimkan ke alamat tersebut akan dipublish di blog. Attachment gambar juga akan tertampil. Selengkapnya ada disini – Posting Blog Lewat Email.
  • Kalau ini agak mahal, karena memakai sambungan telepon internasional, yaitu ngeblog memakai telepon. Anda menelpon ke nomor khusus dan suara Anda akan direkam dan dipublish di blog. Saya pernah nyoba disini – Ngeblog Lewat Telepon.
  • Jika koneksi ponsel Anda cepat dan unlimited maka bisa streaming langsung perjalanan Anda ke dalam blog dengan menggunakan aplikasi Qik. Bisa dipergunakan di ponsel symbian, android dan blackberry. Hasil rekaman bisa otomatis disimpan di Youtube. Detilnya ada disini – Live Streaming dengan Ponsel.
  • Jangan lupa aktifkan fitur publikasi ke Twitter ataupun Facebook. Jadi setiap postingan baru otomatis terkirim ke jejaring sosial. Untuk mengatur ada di Dashboard – My Blog – Centang Facebook dkk.

Tapi yang utama tentu saja ide dan niat untuk menulis. Karena kadang males datang menghantui saat memulai menulis sesuatu :D

Selamat mudik, semoga selamat, aman, nyaman dan bahagia selama perjalanan. Dapat berjumpa dengan orang-orang terdekat dan tercinta di hati.

m.wordpress.com

sumber : http://darmawanku.com/2011/08/26/ngeblog-saat-mudik-dengan-ponsel/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s