Leave a comment

Optimalkan Telkom Speedy Anda

Saya baru 1 bulan berlangganan speedy dengan kondisi waktu itu untuk Download kecepatan-nya lumayan, dari pada menngunakan ISP lain dengan harga yang sama, tapi celakanya waktu itu ngga bisa upload, jangankan upload puluhan mega satu kilo juga ngga bisa, baik pake attecment mail, ataupun upload via FTP, SSH semuanya ngga bisa, selain itu juga untuk main game online juga gak bisa connect, kadang connect tapi lag banget..
Penasaran juga kenapa bisa gini, ternyata setelah cari-cari informasi katanya ada yang harus di set manual pada setingan MTU (Packet Size) ataupun RWIN (Receive Window), lantas berapa nilai yang cocok untuk Speedy ? ada yang meyarankan untuk nilai MTU 1492.

Waduh apalagi tuh MTU dan RWIN ?? koq mirip nama merk mesin genzet yah… jadi sekarang saya lebih penasaran dan tambah bingung lagi. Karena gimana caranya untuk tahu MTU dan RWIN yang kita gunakan sekarang dan gimana cara merubah settingnya ?
Belum lagi settingan MTU dan RWIN untuk Speedy tiap-tiap wilayah berbeda juga, akhirnya dengan modal pantang menyerah karena rasa ingin tahu yang besar dan punya pemikiran masa’ sih Speedy yang notabene nya sebagai ISP ADSL yang terbaik, koq tidak sanggup untuk melakukan upload dan games online. Setelah ikhtiar dan berusaha akhirnya ketemu juga nih situs “http://www.speeedguide.net“, sekitar kurang lebih lima belas menit saya pelajari isi situsnya (maklum pake bahasa inggris), semua rasa penasaran saya terjawab juga. Pertama saya coba untuk melihat bandwith saya dengan cara klik “SG Speed Test” di kolom shortcuts, kemudian tampil sebuah halaman yang terdiri dari banyak pilihan server untuk test bandwith, tapi koq gak ada server yang dari indonesia yah ? Eh ada koq dibawah ada semacam maps gitu dan server jakarta juga ada loh. Tanpa pikir panjang lagi langsung saja saya klik 2 kali, dan keluar baloon tipsnya, trus klik speed test, nah sekarang sepertinya lagi proses tungguin aja kira2 2 menit’an, tapi sebelum itu tutup dulu semua program yang lagi jalan seperti, browser, download manager, P2P sharing, dll. Agar hasilnya benar-benar real. Ternyata emang benar rata2 speed saya hanya 0,9%. Gimana biar bisa optimal ? download aja TCP Optimizer di http://www.ziddu.com/download/4894575/TCPOptimizer.exe.html, itu software portable gak perlu install. Jadi setelah didownload kemudian klik 2 kali nah di situ tampil semuanya, mulai dari MTU, RWIN, dll. trus pilih radio button optimal setting dan apply, kemudian komputer akan restart. Setelah restart coba masuk lagi ke speedguide.net dan lakukan test ulang, kemudian apa hasilnya ?? WOW… sekarang rata-rata speed saya sudah jadi 151%, tapi benar gak yah ?? coba upload dan games dulu ah.. dan hasilnya TOP BGT lah.. bisa semuanya loh.. Maaf buat Speedy karena saya sdh under estimate lebih dulu, eh gak taunya settingan komputer saya yang dodol.
Sekian dari saya, semoga bisa berguna untuk semua..
Terima Kasih.

oleh : RipTide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s