Leave a comment

AVG & NOD32 Mendeteksi PCMAV sebagai Virus

Kami mendapat banyak laporan dari pengguna PCMAV mengenai terdeteksinya file PCMAV sebagai virus/trojan oleh AVG dan NOD32. Perlu diketahui, laporan yang masuk tercatat dari AVG Free dan NOD32 bajakan (selain NOD32 resmi, hanya ada versi trial, tidak ada yang free version).

Sehubungan dengan laporan tersebut, selama berasal dari CD/DVD Majalah PC Media maka kami menjamin bahwa PCMAV tidak bervirus. Hasil pendeteksian oleh kedua antivirus tersebut dipastikan merupakan false alarm akibat kekurangakuratan fungsi heuristic yang mereka gunakan.

Kami tentu menyayangkan atas ketidakakuratan ini, untuk itu silahkan Anda uninstall kedua antivirus tersebut. Kami menyarankan di dalam 1 PC sebaiknya hanya menggunakan PCMAV + ClamAV yang sudah lebih dari cukup untuk mengatasi virus yang banyak menyebar di Indonesia. Tetapi, jika Anda masih tertarik dengan kedua antivirus tersebut, silahkan menghubungi pembuatnya agar mereka dapat segera memperbaiki cara pendeteksian di antivirus mereka masing-masing. Atau, acuhkan saja hasil pendeteksian mereka terhadap PCMAV.

Sulit bagi kami mengembangkan sebuah antivirus yang kompleks dan handal jika harus selalu menyesuaikan diri dengan antivirus luar, apalagi antivirus luar kurang cocok untuk kondisi di Indonesia. Jika salah pendeteksian terhadap program lain terjadi pada PCMAV, maka kami memiliki kewajiban untuk memperbaikinya, begitu pula yang kami harapkan dari antivirus lain.

Ke depan, untuk menghindari kesimpangsiuran semacam ini, maka di setiap rilis terbaru PCMAV akan kami sertai dengan nilai checksum MD5 untuk memastikan keorisinilan file-filenya. Terimakasih atas kepercayaan dan kesetiaan Anda kepada PCMAV.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s